Rabu, 19 Maret 2008

TAHUKAH ANDA VIII

TAHUKAH ANDA VIII


  1. Apakah kentut itu acid, basa atau neutral ? Acid, karena mengandung karbondioksida (CO2) & hidrogen sulfida (H2S). (Diyah Rauhillah Hasni)
  2. Tahukah anda mengapa kentut berbau busuk dan menimbulkan bunyi ??? Bau kentut karena kandungan hidrogen sulfida & merkaptan. kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). makin banyak kandungan sulfur dalam makanan anda, makin banyak sulfida & merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut, & makin busuklah kentut anda. telur & daging punya peranan besar dalam memproduksi bau busuk kentut. kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut,bukan dalam kebusukannya. Sedangkan bunyi kentut tejadi karena adanya vibrasi lubang anus saat kentut diproduksi. kerasnya bunyi tergantung pada kecepatan gas. (Eliaati addawiyah)
  3. Tahukah Anda : coklat mengandung triptophan, sejenis asam amino esensial yang diketahui memiliki efek menghilangkan rasa sakit dan anti depresi.Tubuh memerlukan triptophan untuk memproduksi serotonin, yang berfungsi mengendalikan suasana hati dan perasaan. serotonin juga mengatur respon seksual tubuh dan selera makan. bila tubuh anda mempunyai kandungan serotonin yang benar maka anda mungkin akan memiliki perasaan keselarasan dan kepuasan jiwa yang lebih, sebuah perasaan yang menyatu dengan alam. apabila tingkat serotonin anda terlalu rendah mungkin anda akan merasa depresi,lemah,lesu atau bahkan gelisah.sebaliknya jika anda kelebihan serotonin, mungkin anda akan merasa agresif, mudah marah dan tidak tenang. Keseimbangan hormon, kandungan kimiawi dan gizi tentu mencerminkan kesehatan yang prima dan persaan nyaman.jika anda ingin makan sesuatu untuk membantu anda merasa lebih tenang dan pikiran tidak kemana-mana pilihlah makanan yang kaya triptophan atau serotonin. Makanan yang kaya kandungan triptophan termasuk makanan sehari-hari yaitu; gandum, pisang, biji-bijian, daging merah, buncis, biji bunga matahari, biji labu,spiralina dan kacang tanah.( Susi susilawati)
  4. Tahukah anda bahaya karbonmonoksida jika bereaksi dengan hemoglobin dalam darah ??? "Gas karbonmonoksida tidak berwarna dan tidak berbau oleh karena itu kehadirannya tidak segera diketahui. gas itu bersifat racun dapat menimbulkan rasa sakit pada mata, saluran pernapasan dan paru-paru. bila masuk dalam darah melalui pernapasan CO bereaksi dengan hemoglobin dalam darah membentuk COH(karboksihemoglobin). hemoglobin seharusnya bereaksi dengan oksigen menjadi O2Hb (oksihemoglobin) dan membawa oksigen yang diperlukan ke sel-sel jaringan tubuh. Akan tetapi afinitas CO terhadap Hb sekitar 300 kali lebih besar daripada O2 bahkan Hb yang telah mengikat oksigen dapat diserang oleh CO. Sehingga CO menghalangi fungsi vital Hb untuk membawa oksigen bagi tubuh." (Eviana Ayu Nugroho)
  5. Tahukah anda mengapa koloid dijadikan bahan industri??? "Karena koloid merupakan satu-satunya cara untuk menyajikan suatu campuran dari zat-zat yang tidak saling melarutkan secara homogen dan stabil (pada tingkat makroskopis). cat sebagai contoh adalah zat-zat berwarna (pigmen) yang tidak larut dalam air atau medium cat tapi dengan sistem koloid dapat dibuat suatu campuran yang homogen (merata) dan stabil." (Eviana Ayu Nugroho)
  6. Tahukah Anda ? Bahaya yang dihasilkan pada botol plastik bekas. Mungkin sebagian besar dari anda mempunyai kebiasaan memakai dan memakai botol ulang plastik. Kebiasaan ini tidak baik, karena bahan plastik botol (disebut juga sebagai polyethylene terphthalate or PET) yang di pakai di botol-botol ini mengandung zat-zat karsinogen (atau DEHA). botol ini aman untuk dipakai 1-2 kali saja, jika anda ingin memakainya lebih lama, tidak boleh lebih dari seminggu, dan harus di taruh di tempat yang jauh dari matahari. kebiasaan mencuci ulang dapat membuat lapisan plastik rusak dan zat karsinogen itu bisa masuk ke air yang anda minum. Lebih baik membeli botol air yang memang untuk dipakai berulang ulang, jangan memakai botol plastik. (SITI AMALIA)
  7. Tahukah Anda: Setiap kandungan parfum mengandung pelarut tambahan yang berfungsi sebagai media atau foundation baik parfum itu asli atau sintesis. Persentase kandungan bahan kimia dalam parfum antara kisaran 30% tergantung dari jenis produknya. Namun dari beberapa analisa pasar, 95% bahan kimia yang terkandung di dalam produk wangian adalah bahan kimia sintetik yang berbahan dasar petroleum yang merupakan turunan benzena, aldehida atau yang umumnya terkenal beracun. Tes yang dilakukan tahun 1991 pada salah satu organisasi di Amerika yang menangani masalah kesehatan lingkungan menemukan zat kimia beracun dari 815 sampel yang mereka ambil, zat-zat yang terkandung adalah kloroform yang dapat juga ditemui pada pelembut pakaian dan p-diklorobenzena yang telah diketahui bersifat karsinogenik pada produk penyegar ruangan dengan dosis yang tinggi. Selain itu juga terdapat pengharum yang beraroma musk, yang dicurigai mengakibatkan sakit kepala dan juga bersifat karsinogenik meskipun pada kandungan yang lemah. (Rida Rasyidah)
  8. Tahukah anda Pemanfaatan logam merkuri pada saat ini sudah hampir mencakup seluruh aspek kehidupan manusia dan lingkungan. Salah satunya digunakan dalam bidang kedokteran, yang telah menggunakan merkuri sejak abad ke-15, dimana merkuri (Hg) digunakan untuk pengobatan penyakit kelamin (sifilis). Kalomel (HgCl) digunakan sebagai pembersih luka sampai diketahui bahwa bahan tersebut beracun sehingga tidak digunakan lagi. Komponen merkuri organic digunakan untuk obat diuretika sampai bertahun-tahun dan juga digunakan sebagai bahan untuk kosmetik. (MUZALIFAH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar