Selasa, 18 Maret 2008

APAKAH HUJAN ITU BERKAH ATAU MUSIBAH

APAKAH HUJAN ITU BERKAH ATAU MUSIBAH
DITINJAU DARI SEGI AL-QUR’AN DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Oleh : Adi Riyadhi, M.Si

Disampaikan pada seminar Global Warming yang diselenggarakan oleh Departemen Syiar LDK KOMDA FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Jakarta, 18 Maret 2008


GLOBAL WARMING
Globar warming adalah meningkatnya temperatur udara di atas permukaan bumi baik daratan ataupun lautan dan diproyeksikan akan selalu meningkat dalam beberapa decade kedepan. Kenaikan temperatur mulai terasa diawal tahun 2000-an.
Mengapa temperatur udara meningkat ?; Tuhan menciptakan matahari sebagai sumber energi yang boleh dibilang tidak akan habis sampai kiamat. Energi panas matahari apabila dimanfaatkan akan menghasilkan produk yang berguna bagi manusia. Salah satu proses di muka bumi yang memanfaatkan energi matahari adalah proses fotosintesis pada tumbuhan. Energi matahari digunakan untuk merubah karbondioksida di udara bereaksi dengan air menjadi buah-buahan yang bisa kita makan.
Apabila energi matahari tidak digunakan, ibarat kita menaruh panci diatas api tapi kita tidak menaruh apapun diatas panci, apa yang akan terjadi dengan panci. Bedakan seandainya diatas panci kita taruh sayuran atau minimal di isi dengan air.
Selain proses fotosintesis, air dipermukaan seperti sungai, danau dan lautan juga menggunakan panas matahari sebagai sumber energi untuk menguapkan airnya menjadi awan. Namun apa yang terjadi pada tahun 2000-an ini, yang terjadi justru jumlah pohon dan sungai berkurang, sudah bisa diprediksi akibatnya. Bumi kita akan seperti panci yang dipanaskan tanpa ada apapun diatasnya.
Kenaikan temperatur juga diakibatkan oleh efek rumah kaca (Green house effect), dimana panas matahari yang masuk ke permukaan bumi tidak dapat dikeluarkan melewati atmosphere bumi melainkan dipantulkan kembali ke bumi, sehingga temperatur udara akan semakin meningkat.
Apa yang menyebabkan panas matahari dipantulkan kembali kebumi ?; Beberapa jenis gas yang berada di atmosphere dapat bersifat seperti rumah kaca, diantaranya adalah uap air yang menyumbangkan efek rumah kaca sebesar 36-70%, Karbon dioksida menyumbangkan efek rumah kaca sebesar 9-26%, methana (CH4) yang menyumbangkan efek rumah kaca sebesar 4-9 %, dan Ozon yang menyumbangkan efek rumah kaca sebesar 3-7%.
Sejak revolusi industri pada pertengahan abad 17 telah terjadi kenaikan jumlah gas CO2 dan CH4 di atmosphere sebesar 31% dan 149%. Lengkap sudah kerusakan yang dibuat oleh manusia, dimana jumlah pohon dan sungai berkurang ditambah lagi jumlah gas CO2 di udara meningkat. Ibarat menaruh panci kosong diatas api, kemudian panci itu ditutup rapat sehingga tidak ada panas yang keluar.
Salah satu akibat dari pemanasan global adalah mencairnya gunung es di daerah kutub yang dapat mengakibatkan naiknya permukaan air laut, yang pada akhirnya akan mengakibatkan banjir dimana-mana.


APA YANG DAPAT MENCEGAH TERJADINYA GLOBAL WARMING

TUMBUH-TUMBUHAN
Tuhan menciptakan matahari sebagai sumber energi bagi semua makhluk bumi. Energi matahari diserap oleh tumbuh-tumbuhan digunakan sebagai energi untuk berlangsungnya proses fotosintesis, dimana gas karbon dioksida yang berasal dari udara bereaksi dengan air yang berasal dari tanah menjadi senyawa hidrokarbon (C6H12O6) dan gas oksigen.
Tumbuhan diciptakan tuhan dengan membawa banyak sekali kebaikan bagi lingkungan sekitarnya, diantaranya adalah :
  1. Tumbuhan menyerap energi panas matahari sehingga temperatur udara di sekitarnya menurun.
  2. Tumbuhan menyerap gas CO2 di udara sehingga konsentrasi CO2 di udara berkurang.
  3. Tumbuhan menghasilkan senyawa hidrokarbon berantai panjang (kayu, daun dan buah) yang dapat digunakan sebagai sumber energi bagi manusia dan hewan.
  4. Tumbuhan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh manusia dan hewan untuk bernafas.
  5. Dalam jangka waktu yang lama limbah organik yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dapat berubah menjadi minyak bumi yang dapat digunakan sebagai sumber energi bagi manusia.
  6. Banyak sekali kebaikan yang diberikan tumbuh-tumbuhan kepada lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu sudah sepantasnya kita sebagai khalifah dimuka bumi untuk menjaga kelangsungan hidup tumbuh-tumbuhan.

    Beberapa kesalahan fatal yang dilakukan manusia adalah :
  • Menebang pohon : hingga sekarang tidak ada teknologi yang mampu mengurangi CO2 diudara , dan menurunkan temperatur udara sekaligus merubahnya menjadi senyawa hidrokarbon (buah-buahan) yang bermanfaat bagi manusia. Manusia hanya bisa memindahkan CO2 ketempat lain, dan memindahkan panas keluar ruangan (misalnya AC). Manusia hanya bisa memindahkan masalah. Berbeda dengan tumbuhan yang dapat merubah masalah menjadi berkah.
  • Membakar sampah organik : dengan membakar sampah organik berarti kita telah menambah consentrasi CO2 di udara, meningkatkan panas udara dan mengurangi kadar oksigen di udara. Karena pembakaran sampah organik menghasilkan CO2, menghasilkan panas dan menghabiskan O2. Selain itu dengan membakar sampah berarti mengurangi jumlah fosil organik yang dapat berubah menjadi minyak bumi di kemudian hari, sehingga cadangan minyak bumi semakin berkurang, apabila kita membakar sampah sama saja dengan membunuh generasi kedepan pelan-pelan.
  • Mengurangi jumlah air permukaan (sungai dan danau) : air sungai atau danau di butuhkan tanaman untuk pertumbuhan selain air hujan, selain itu air permukaan juga bermanfaat untuk menstabilkan temperatur bumi, seperti air keringat dalam tubuh kita, apa jadinya ketika kita kepanasan tapi air keringat tidak keluar, begitu pula dengan bumi.

Supaya tumbuh-tumbuhan dapat hidup dengan baik, tumbuh-tumbuhan membutuhkan air dan tanah yang subur. Salah satu sumber air bagi tumbuh-tumbuhan adalah hujan.

HUJAN

Hujan terjadi akibat awan (uap air) yang mengembun. Awan adalah uap air yang berasal dari air yang berada dipermukaan bumi, seperti air laut, sungai dan air permukaan yang lain. Beberapa ayat dalam Al Quran yang menjelaskan proses terjadinya hujan seperti pada surat Ar Ruum ayat 48.

Dalam surat As Sajdah ayat 27 dan surat Al Baqarah ayat 22 dijelaskan hujan yang Allah turunkan dari langit memberikan berkah bagi makhluk sekitarnya. Hujan yang Allah turunkan menjadikan tumbuh-tumbuhan tumbuh dengan subur, sehingga dapat dijadikan makanan bagi manusia dan hewan.

Selain itu dalam surat Ibrahim ayat 32 dijelaskan bahwa hujan yang Allah turunkan menjadi sungai yang mengalir yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.
Hujan yang Allah turunkan dipegunungan dan mengalir melewati sungai-sungai samabil membawa mineral yang berharga dari pegunungan yang dapat memberikan manfaat bagi manusia.

Dalam surat Al Furqaan ayat 50 dijelaskan bahwa Allah mempergilirkan turunnya hujan supaya manusia mengambil pelajaran. Menurut Al Quran hujan adalah berkah, bagaimana menurut kita ?

MANFAAT HUJAN BAGI KOTA JAKARTA

Jakarta merupakan kota yang padat penduduknya, setiap hari penduduk Jakarta menghasil limbah yang dapat mencemari udara, air dan tanah disekitarnya. Tahukah anda kalau hujan yang turun dapat melarutkan racun yang terdapat di udara dan membawanya ke permukaan tanah, sehingga udara menjadi bersih.

Tahukah anda kalau hujan dapat melarutkan racun yang terdapat di tanah hingga konsentrasinya menjadi berkurang dan membawa racun yang ada dipermukaan tanah ke laut, kemudian racun itu di degradasi oleh bakteri sehingga menjadi tidak berbahaya bagi manusia.

Tahukah anda seandainya Jakarta selama satu bulan tidak ada angin yang lewat sehingga udara kotor tetap ditempatnya dan selalu bertambah kemudian tidak turun hujan, apabila itu terjadi maka konsentrasi racun yang ada di udara akan semakin meningkat hingga diatas konsentrasi yang dapat di toleransi oleh manusia. Apa akibatnya menurut anda ?

Racun yang terdapat di udara di kota Jakarta di bawa oleh angin ketempat lain sehingga konsentrasinya berkurang, selain itu racun yang terdapat di udara dilarutkan oleh air hujan dibawa kepermukaan tanah, sehingga udara menjadi bersih kembali. Jadi hujan di kota jakarta berfungsi untuk menjernihkan udara jakarta, sehingga masih bisa dihirup oleh manusia.

Tahukah anda kalau air Jakarta yang kotor di uapkan oleh sinar matahari sehingga menjadi uap air dan turun sebagai air hujan yang lebih bersih dari sumber air sebelumnya. Namun karena kita tidak memberikan tempat bagi air hujan yang bersih, akibatnya air hujan yang bersih kembali ketempat yang kotor sehingga menjadi tidak jernih.

Jadi menurut anda, apakah hujan itu berkah atau musibah.

Sesungguhnya manusia mengalami kerugian karena kesalahan manusia sendiri. Apa yang Tuhan berikan merupakan berkah bagi manusia, namun manusia tidak menyadarinya, hanya orang-orang yang berfikir sajalah yang dapat mengetahui kebesaran Allah.

TINDAKAN NYATA UNTUK MENGURANGI GLOBAL WARMING

USAHA BERSAMA

  1. Tanam dan pelihara tumbuhan
  2. Kembalikan limbah organik yang berasal dari tanaman dan hewan ke tanah, jangan dibakar
  3. Daur ulang limbah anorganik seperti besi atau logam lainnya, atau kembalikan ke sumbernya yaitu perut bumi, jangan dibuang di permukaan bumi
  4. Salurkan air hujan ke tempat yang bersih, berikan jalan air (sungai atau selokan) yang bersih
  5. Pelihara dan buat sungai-sungai baru.

USAHA MANDIRI

  1. Pisahkan sampah organik dan anorganik
  2. Bila perlu bersihkan sampah anorganik sebelum dibuang kemudian tempatkan kedalam tempat sampah khusus

Tahukah anda kendala dalam daur ulang sampah plastik adalah mahalnya biaya pemisahan sampah plastik dari sampah yang lain dan membersihkannya dari pengotor. Kalau anda mau berbaik hati, bersihkan sampah plastik yang akan dibuang kemudian tempatkan dalam tempat sampah khusus yang bersih. Hal ini berlaku juga untuk sampah anorganik yang lain, seperti besi dan logam-logam yang lain.

Untuk sampah organik, kalau anda mau berbaik hati, sebelum dibuang, hancurkan dahulu sampai berbentuk serbuk, kemudian dipendam dalam tanah atau dijadikan makanan ikan atau hewan ternak.

Sesunggung semua yang Allah ciptakan tidak sia-sia (Surat Ali Imran ayat 191). Gunakan kekuatan yang telah Allah berikan sesuai dengan petunjuk Allah sekarang juga.
Wassalam

1 komentar:

  1. makasih y,,,
    tulisan di blog anda udah ngebntu saya untuk ngelengkapin tugas saya di skul,,,

    BalasHapus